Diklat Penyusunan Dokumen Calon LSP-P1 SMKN 1 Mondokan

Kepala SMKN 1 Mondokan, Ahmad Dahlan, S.P., M.Pd. (tengah) membuka Diklat Penyusunan Dokumen MUK LSP-P1

Berdasar Peraturan Badan Nasional Sertifikasi Profesi Nomor: 2/BNSP/III/2014 tentang pedoman pembentukan lembaga sertifikasi profesi, maka Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan salah satu instansi yang bisa mendirikan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP). Sebagai salah satu instansi pendidikan yang boleh mendirikan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP), maka SMKN 1 Mondokan mulai merintis pendirian Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP).
Dalam rangka merintis Pendirian Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) P1, maka SMKN 1 Mondokan menggandeng LSP-P1 SMKN 2 Sragen yang lebih dulu berdiri dan sukses mengadakan pendampingan untuk beberapa sekolah dalam mendirikan LSP-P1. LSP-P1 Pendidikan adalah LSP yang didirikan oleh lembaga pendidikan dan atau pelatihan dengan tujuan utama melaksanakan sertifikasi kompetensi kerja terhadap peserta pendidikan/pelatihan berbasis kompetensi dilingkungannya dan /atau sumber daya manusia dari jejaring kerja lembaga induknya, sesuai ruang lingkup yang diberikan oleh BNSP.
Tim Persiapan LSP-P1 SMKN 1 Mondokan mengikuti pembimbingan yang diselenggarakan oleh LSP-P1 SMKN 2 Sragen yang dimulai dengan penyusunan Dokumen LSP-P1 pada 19 Oktober 2020 sampai dengan 25 Oktober 2020 yang diselenggarakan di SMKN 1 Mondokan dan di Hotel Amanah, Karangpandan, Karanganyar.
Kepala SMKN 1 Mondokan, Ahmad Dahlan, S.P., M.Pd. menyampaikan harapan agar Pelaksanaan Bimbingan Penyusunan Dokumen untuk Pendirian LSP-P1 SMKN 1 Mondokan bisa berjalan lancar dan bisa mempermudah untuk terrealisasinya LSP-P1 SMKN 1 Mondokan. Ahmad Dahlan, S.P., M.Pd., mengatakan, “Kami sangat berharap untuk bisa segera terrealisasinya Pendirian LSP-P1 SMKN 1 Mondokan, karena dengan LSP ini nanti maka kualitas lulusan SMKN 1 Mondokan akan semakin kompeten dan semakin bernilai jual tinggi di dunia industri.”
Ahmad Dahlan, S.P., M.Pd. menyampaikan bahwa LSP-P1 SMKN 1 Mondokan nanti direncakan untuk bisa diterapkan di seluruh Kompetensi Keahlian yang dimiliki SMKN 1 Mondokan yaitu: Teknik Kendaraan Ringan Otomotif, Teknik Komputer dan Jaringan, Teknik Pengelasan, dan Tata Busana. Dalam rangka persiapan Pendirian LSP-P1, SMKN 1 Mondokan juga akan mengirimkan seluruh guru mata pelajaran produktif yang belum memiliki Sertifikat Asesor akan dikirim untuk Diklat Asesor secara berkala. Ahmad Dahlan, S.P., M.Pd. berharap dengan adanya Diklat Penyusunan Dokumen LSP-P1 yang diikuti Tim Persiapan LSP P1 SMKN 1 Mondokan yang diketuai oleh PLT Kasubag TU, Ali Sofyan, S.Pd., M.Pd. ini, berjalan sesuai harapan maka proses untuk mendapatkan Lisensi LSP-P1 SMKN 1 Mondokan akan semakin lancar, sehingga pada tahun 2021 SMKN 1 Mondokan sudah bisa menjadi Tempat Uji Komptensi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*