Jl. Mondokan-Sukodono Km. 1, Mondokan, Sragen, Jawa Tengah, Indonesia. 57271
Berita Terkini

Masih dalam rangkaian Ujian Nasional 2013, mulai tanggal 18 Februari s/d 7 Maret 2013, SMK Negeri 1 Mondokan menyelenggarakan Ujian Praktek Kejuruan atau disingkat UPK. Seperti diketahui bersama bahwa UPK adalah merupakan bagian dari Uji Kompetensi Keahlian (UKK) yang mana UKK tersebut terdiri dari Ujian Teori Kejuruan dan Ujian Praktek Kejuruan. Nilai dari UKK tersebut akan dimasukkan dalam rata-rata nilai siswa untuk menentukan kelulsan siswa dari satuan pendidikan, yang mana nilai UKK tersebut akan digabungkan dengan nilai Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Matematika. Pelaksanaan UPK tidak bersamaan dengan Ujian Teori Kejuruan (UTK) karena UTK dilaksanakan bersama dengan Ujian Nasional SMK Tahun 2013 yang direncanakan akan dilaksanakan pada 15-18 April 2013.

Siswa TKJ sedang mengerjakan soal UPK

Seperti tahun lalu, pelaksanaan Ujian Nasional tahun ini SMK Negeri 1 Mondokan berhak mengadakan Ujian Nasional baik teori maupun praktek di SMK Negeri 1 Mondokan sendiri karena mulai tahun 2011 semua program keahlian di SMK Negeri 1 Mondokan telah terakreditasi yang merupakan salah satu syarat untuk melaksanakan Ujian Nasional sendiri.

Sesuai dengan Pedoman Penyelenggaraan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) SMK Tahun PElajaran 2012/2013 yang dikeluarkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan, sekolah yang mengadakan UPK harus menyertakan salah satu Dunia Usaha dan Dunia Industri (DuDi) yang bertindak sebagai penguji eksternal yang bekerja sama dengan pihak sekolah yang betugas sebagai penguji internal. Oleh karena itu, SMK Negeri 1 Mondokan menggandeng 3 DuDi untuk 3 program keahlian yang mengadakan UPK.

Siswa TKR sedang mengerjakan materi kelistrikan

Seluruh siswa kelas XII SMK Negeri 1 Mondokan wajib mengikuti UPK sebagai syarat kelulusan. Tercatat 281 siswa kelas XII akan mengikuti UPK ini yang terdiri dari 139 siswa Teknik Kendaraan Ringan (TKR); 70 siswa Busana Butik (BB); dan 72  siswa Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ). Karena keterbatasan tempat dan juga sumber daya manusia di SMK Negeri 1 Mondokan, pelaksanaan UPK Tahun 2012/2013 ini dibagi dalam beberapa kelompok sehingga akan memudahkan penilaian dan juga kenyamanan dalam pelaksanaan ujian.

Danang Budiyono, Kepala Program Keahlian TKR mengungkapkan bahwa pelaksanaan UPK di TKR akan dilaksanakan sampai dengan tanggal 7 Maret 2013 dengan perincian setiap hari kuota peserta yang mengikuti UPK adalah 12 siswa dibagi menjadi  2 kelompok. Sedangkan menurut Hari Purwoko, S.Si. selaku Kepala Program Keahlian TKJ, untuk Program TKJ pelaksanakan UPK akan selesai  pada 28 Februari 2013 dengan kuota peserta 8 peserta setiap hari. Nurul Syamsiyah, S.Pd., Kepala Program Keahlian BB menyatakan, “UPK program BB akan dilaksanakan sampai dengan 23 Februari dengan pembagian XIIBB1 melaksanakan UPK dari 18-20 Februari, sedangkan XIIBB2 melaksanakan pada hari berikutnya 21-23 Februari, dan pada 23 Februari.”

Suasana UPK di Ruang Program Busana Butik

Ali Sofyan, S.Pd., Wakil Manajemen Mutu SMK Negeri 1 Mondokan, mengatakan,”Kami berharap anak-anak bisa  melaksanakan ujian ini dengan lancar dan sukses sehingga anak-anak akan semakin mudah mencapai kelulusan tahun ini, selain itu anak-anak akan lebih siap lagi ketika terjun kedunia kerja.” Ali Sofyan juga berharap dukungan dan doa dari semua pihak agar semua siswa diberi kemudahan untuk lulus 100% seperti tahun-tahun sebelumnya. (ali)

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Peta Lokasi Sekolah
Arsip Berita